my ubay

Friday, October 6, 2017

Faktor Yang Perlu Diperhatikan Dalam Pemberian Tugas

Ada 3 hal yang harus diperhatikan dosen dalam memberikan tugas kepada mahasiswa, antara lain :

1. Sistematika Tugas
Dalam pemberian tugas, penting sekali dilakukan analisis tugas terlebih dahulu dengan mempertimbangkan perilaku awal mahasiswa, sehingga setiap tugas yang diberikan telah memiliki dasar keterampilan awal yang dibutuhkan mahasiswa untuk menyelesaikan tugasnya. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah mahasiswa menjadi frustasi bilamana dia belum memikiki keterampilan awal atau dia sama sekali tidak pahami mengenai tugas yang harus diselesaikannya.

2. Relevansi Tugas
Tugas yang berorientasi pada pemecahan masalah di tempat kerja yang dibawa ke ruang kuliah, merupakan salah satu ciri tugas yang relevan dengan kebutuhan mahasiswa. Semakin relevan tugas yang diberikan dengan kebutuhan mahasiswa, makin tinggi minat dan keingintahuan mahasiswa terhadap materi perkuliahan yabg diajarkan. Tugas disebut relevan bilamana bermanfaat bagi mahasiswa dan sesuai dengan pengetahuan, pengalaman, dan imajinasi mahasiswa tersebut.

3. Waktu Penyelesaian Tugas
Dalam menentukan waktu penyelesaian tugas, dosen harus mempertimbangkan kesulitan dan kemudahan tugas serta fasilitas yang dibutuhkan mahasiswa untuk menyelesaikan tugasnya. Hal ini merupakan suatu cara yabg dapat membantu dosen untuk mengetahui jumlah waktu normal yang dibutuhkan mahasiswa dalam menyelesaikan tugasnya.

No comments:

Post a Comment