my ubay

Saturday, October 7, 2017

Macam-Macam Tugas di Perguruan Tinggi

Ada 4 macam tugas yang paling sering diberikan dosen kepada mahasiswanya di perguruan tinggi, antara lain :

1. Praktikum
Praktikum umumnya berhubungan dengan keterampilan psikomotor, sehingga bilamana tujuan instruksional yang harus dicapai mengharuskan mahasiswa menunjukkan kinerja atau mengaplikasikan suatu keterampilan tertentu, maka tugas praktikum cocok diberikan. Dalam matakuliah yang terdiri dari keterampilan dan kognitif, maka tugad praktikum harus diberikan untuk mencapai tujuan instruksional tersebut akan terjadi.

2. Studi Lapangan
Dalam studi lapangan, tugas yang diberikan dapat berupa :

  • Tugas mengobservasi aplikasi suatu teori atau konsep dilapangan
  • Tugas menganalisis proses dan hasil teori atau konsep dilapangan
  • Tugas mengevaluasi proses dan hasil teori atau konsep dilapangan
3. Penulisan Makalah
Tugas penulisan makalah sudah tidak asing lagi bagi mahasiswa maupun dosen di perguruan tinggi, namun dari tujuan penulisan makalah yang harus dicapai mahasiswa tidak dijelaskan langkah atau sistem penulisan yang harus diketahui mahasiswa untuk membuat suatu makalah ilmiah yang menjadi tugasnya. Sehingga kadang kadang tugas penulisan makalah sering menjadi terlalu luas dan tidak terarah.

4. Jurnal Akademik
Karakteristik jurnal akademik yaitu menuliskan kegiatan dalam bentuk buku harian. Dalam tugas ini mahasiswa ditugaskan untuk menyampaikan pikiran-pikiran dan perasaan selama mengikuti perkuliahan. Dalam jurnal akademik, mahasiswa diharapkan menulis semua kegiatan setiap hari, bahkan masalah yang dihadapinya sehubungan dengan proses perkuliahan, dan bagaimana cara mereka memecahkan masalah. Bagi mahasiswa cara ini sangat bermanfaat karena melatih mereka mengekspresikan pendapatnya secara bebas dan indivisuil. Mereka tidak hanya menghafal pengetahuan, tetapi mengevaluasi dalam bentuk tulisan setiap hari. Manfaat lainnya bagi mahasiswa adalah bahwa masalah yang dihadapinya dapat diidentifikasi dengan segera, oleh karena itu mereka dituntut untuk menyampaikan kesimpulan di akhir tiap pertemuan, sehingga mahasiswa dapat segera diberi umpan balik yang tepat dan sesuai. 

No comments:

Post a Comment