Untuk dapat memecahkan masalah kelemahan proses belajar mengajar yang berpusat pada dosen dan menciptakan aktivitas yang berpusat pada mahasiswa, maka metode pemberian tugas adalah jawabannya.
Metode pemberian tugas merupakan suagu cara interaksi belajar mengajar yang ditandai dengan adanya tugas yang harus dikerjakan mahasiswa di ruang kuliah (di kelas) maupun di rumah secara perorangan atau berkelompok.
Tujuan metode : merangsang peserta didik untuk aktif belajar, baik secara individu maupun berkelompok
Manfaat metode : untuk memberikan variasi kegiatan belajar mengajar yang dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, efektif dan efisien.
Kekuatan metode :
1. Membuat mahasiswa aktif belajar
2. Merangsang mahasiswa belajar lebih banyakm baik dekat maupun jauh dari dosen, di dalam kampus maupun di luar kampus
3. Melatih kemandirian mahasiswa
4. Membina kebiasaan mahasiswa untuk mencari dan mengolah sendiri informasi dan komunikasi
5. Membina tanya jawab dan disiplin mahasiswa
6. Mengembang kreatifitas mahasiswa
Keterbatasan metode :
1. Sulit mengontrol siswa apakah belajar sendiri atau dikerjakan orang lain
2. Tugas yang monoton dapat membosankan siswa
3. Tugas yang banyak sering dapat membuat beban dan keluhan siswa
4. Tugas kelompok dikerjakan siswa tertentu atau siswa yang rajin dan pintar
No comments:
Post a Comment