my ubay

Sunday, October 8, 2017

Media Pembelajaran Perguruan Tinggi

1. Deskripsi
Pada bab ini, akan dibahas tentang media, meliputi bentuk media, manfaat, pertimbangan dalam memilih media, dan faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam mengembangkan media.

2. Manfaat
Dalam pembelajaran tanpa media, materi yang terserap oleh mahasiswa hanya akan bertahan sekitar 5% saja, tetapi menurut penelitian, pembelajaran dengan menggunakan media dapat meningkatkan retensi hingga 20 %.

3. Tujuan Instruksional
Setelah menyelesaikan materi berikut ini, mahasiswa dapat membuat media pembelajaran yang sesuai dengan ketentuan, dan yang akan digunakan untuk praktek mengajar.

4. Penyajian
Media adalah alat komunikasi yang digunakan untuk membawa suatu informasi. Dalam pembelajaran disebut media pembelajaran, yaitu alat komunikasi untuk menyampaikan materi pembelajaran.

4.1. Bentuk Media
Media dapat diklasifikadikan menjadi :
  • Media yang tidak diproyeksi :
       > Realia : benda nyata yang digunakan sebagai bahan belajar
       > Model : benda tiga dimensi yang merupakan representasi               dari benda sesungguhnya
       > Bahan Grafis : gambar atau visual yang penampilannya                    tidak diproyeksikan
       > Display : bahan pameran / display yang penggunaannya                   dipasang di tempat tertentu
  • Media yang diproyeksikan :
        > Over Head Projector (OHP) : Alat untuk memproyeksikan                gambar atau tulisan pada transparansi film
        > Slide Projector : alat untuk memproyeksikan gambar atau              tulisan pada film positif
        > LCD : Alat untuk memproyeksikan gambar atau tulisan                    pada komputer
  • Audio
       Media audio merupakan berbagai cara untuk merekam dan menyamaikan suara untuk tujuan pembelajaran (media dengar). Kelebihan dari media ini adalah fleksibel, relatif murah, ringkas dan mudah dibawa (portable), sedangkan kekurangannya adalah memerlukan peralatan khusus untuk mengoperasikannya, dan memerlukan kemampuan khusus untuk pemanfaatannya.
  • Video
        Video merupakan format media yang memerlukan tabung katoda / LCD untuk menayangkan pesan dalam bentuk animasi dan film. Kelebihan media ini adalah memanipulasi waktu dan ruang, menampilkan objek yang terlalu kecil, besar, dan berbahaya, cocok untuk mempelajari kemampuan motorik, dan menyajikan gambar dengan lambat, sedangkan kekurangannya adalah memerlukan perawatan dan kemampuan khusus untuk memanfaatkannya.
  • Multimedia berbasis komputer
       Multimedia berbasis komputer adalah media yang mengintegrasikan berbagai bentuk materi seperti : teks, gambar, dan suara yang dioperasikan dengan komputer. Beberapa bentuk media ini adalah hypermedia, video interaktif, CD-Rom, digigal video interactive, dan virtual reality. 
  • Multimedia kit
       Multimedia kit merupakan paket bahan ajar yang terdiri dari beberapa jenis media digunakan untuk menjelaskan materi tertentu, yang biasanya dilengkapi dengan buku panduan

4.2. Manfaat Media
Media sangat bermanfaat dalam proses pembelajaran, karena media menjadikan penyampaian materi seragam, proses instruksional menjadi lebih menarik, proses belajar mengajar menjadi interaktif, waktu belajar menjadi lebih efisien, demikian pula kualitas belajar meningkat, dan peran dosen meningkat.

4.3. Pertimbangan dalam Memilih Media
Dalam memilih media beberapa faktor yang harus diperhatikan, diantaranya materi yang akan diberikan, tujuan instruksional, karakteristik mahasiswa, dan kondisi yang ada

4.4. Pertimbangan dalam Merancang OHT / Slide
Hal penting :
> Yang harus diingat : kembangkan OHT dari seluruh materi, bukan mengajarkan materi dari OHT
> Mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan
>Rancangan mudah dibaca, sederhana dan jelas
> Lebih diutamakan penggunaan gambaf, draft, bagan atau foto
> Pesan kurikuler harus relevan, jelas, mudah dimengerti, sistematis, dan hanya berisi kata kunci.
     

No comments:

Post a Comment