my ubay

Friday, October 6, 2017

Peranan Dosen Dalam Pemberian Tugas

Dosen memiliki banyak peranan dalam proses belajar mengajar.

1. Dosen sebagai perencana
Peranan dosen sebagai perencana dalam pemberian tugas adalah menentukan tugas yang harus dikerjakan mahasiswa. Untum dapat menentukan tugas yang tepat, maka dosen memerlukan suatu pedoman. Pedoman yang terpenting untuk menentukan tugas yang tepat adalah tujuan instruksional, dalam hal ini adalah TIU dan TIK yang tergambar di dalam penjabaran GBPP.

2. Dosen sebagai fasilitator
Peranan dosen sebagai fasilitator dalam pemberian tugas adalah menentukan atau menyediakan sarana yang dapat membantu siswa untuk melaksanakan tugas dalam berpikir aktif dan kreatif. Metode studi kasus merupakan suatu sarana belajar yang memungkinkan mahasiswa mengembangkan dan mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh melalui studi kasus. Sumber bacaan juga dapat menjadi sarana yang bisa disediakan dosen.

3. Dosen sebagai evaluator
Dalam pemberian tugas, dosen memberikan umpan balik. Umpan balik merupakan cara yang sangat efektif untuk menunjukkan hasil kinerja mahasiswa yang telah mencapai standar, sehingga bagi mahasiswa proses umpan balik ini akan menjadi patokan bagi dia untuk memperbaiki bilamana tugas belum mencapai standar. Selain umpan balik, dosen juga perlu memberi penguatan bagi mahasiswa berupa pujian dan penghargaan terhadap tugas yg dikerjakan dengan baik. Ini akan memotivasi mahasiswa untuk lebih semangat dalam mengerjakan tugas berikutnya karena tugasnya mencapai nilai di atas standar.

No comments:

Post a Comment