my ubay

Sunday, July 7, 2013

Zat Gizi

Pengertian Zat Gizi
            Zat Gizi (Nutrients) adalah ikatan kimia yang diperlukan tubuh untuk melakukan fungsinya, yaitu menghasilkan energi, membangun dan memelihara jaringan, serta mengatur proses-proses kehidupan (Almatsier,2009:3).
            Zat gizi merupakan unsur yang terkandung dalam makanan yang memberikan manfaat bagi kesehatan manusia. Zat gizi yang terkandung dalam makanan berbeda-beda antara makanan yang satu dengan yang lainnya, baik jenis zat gizi yang terkandung dalam makanan, maupun jumlah dari masing-masing zat gizi (Firdaus.2011).
  •       Pengertian Zat Gizi Mikro

            Mineral mikro terdapat dalam jumlah sangat kecil di dalam tubuh, namun mempunyai peranan esensial untuk kehidupan, kesehatan, dan reproduksi. Kandungan mineral mikro bahan makanan sangat bergantung pada konsentrasi mineral mikro tanah asal bahan makanan tersebut (Almaitser, 2009: 250).
            Zat gizi mikro adalah zat gizi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil atau sedikit namun mempunyai peranan esensial dalam tubuh. Zat gizi yang termasuk kelompok zat gizi mikro adalah mineral dan vitamin. Zat gizi mikro menggunakan satuan mg untuk sebagian besar mineral dan vitamin (Firdaus.2011).

            Contoh mineral mikro menurut Almaitser (2009:250) antara lain Besi (Fe), Seng (Zn), Iodium (J), Tembaga (Cu), Mangan (Mn), Krom (Cr), Selenium (Se), Molibden (Mo), Flour (F), Kobal (Co)., sedangkan menurut Mulya (2011), mineral mikro terdiri dari vitamin dan mineral. Vitamin tersebut antara lain Vitamin A, D, E, K, C, B1, B2, Niacin, B6, Asam Folat, B12, Biotin, dan Asam Pantotenat, dan untuk mineral sendiri antara lain kalsium, fosfor, magnesium, besi, sengm yodium, selenium, fluor, kromium, potasium.

No comments:

Post a Comment